Home > Manajemen Proyek > Memahami Work Breakdown Structure (WBS)

Memahami Work Breakdown Structure (WBS)

Salah satu langkah penting dalam perencanaan proyek (Planning Phase) adalah menyusun Work Breakdown structur (WBS), atau kalau diartikan adalah struktur pekerjaan detail, yang menjadi kunci langkah-langkah perencanaan lainnya.

Pengertian WBS adalah susunan langkah pekerjaan darikelompok pekerjaan terkecil yang dirunut secara teratur dan berkesinambungan mulai dari persiapan sampai penyelesaian pekerjaan tersebut, kemudian kelompok-kelompok pekerjaan tersebut digabung menjadi satu kesatuan pekerjaan yang harus dilakukan dalam sebuah proyek.

Fungsinya adalah sebagai acuan penyusunan jadwal baik jadwal pekerjaan, peralatan, material maupun pekerja (project resource) untuk pelaksanaan proyek, juga untuk bahan awal penyusunan hubungan (link/predesore) antara satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya.

Penyusunan WBS seharusnya dilakukan oleh team yang lansung mengerjakan pekerjaan tersebut yang benar-benar mengetahui langkah perlangkah dan apa saja yang harus dilakukan dalam task/pekerjaan yang akan dilakukan. kemudian digabung dan finalisasi oleh Project Planning Control (PPC) dalam sebuah WBS lengkap sebuah proyek.

Dalam PMBOK edisi 3 tahun 2004, bentuk dan Contoh WBS seperti dibawah

Contoh WBS dalam PMBOK edisi 3 tahun 2004 – pg 112

Tetapi dalam prakteknya bisa diperinci dengan menambahkan informasi durasi setiap task dan resource (pic, material, peralatan), dll. Seperti contoh dibawah.

Contoh WBS

WBS yang baik dan detil akan menjadi kunci langkah perencanaan proyek selanjutnya, dan tentu saja kesuksesan proyek itu sendiri.

Semoga menambah pengetahuan…

Categories: Manajemen Proyek
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: