Home > Kata Hati & Jejak Langkah > Ied Fitri 1442H di Masjid Raya Taman Cimanggu, Bogor

Ied Fitri 1442H di Masjid Raya Taman Cimanggu, Bogor

Ied Fitri 1442H, Masjid Raya Taman Cimanggu

Alhamdulillah, hari akhir Ramadhan mama anak-anak bisa pulang dari RS dan bisa berlebaran di rumah, syukur tak terkira pada Yang Maha Mengatur, Maha Mengabulkan Do’a.

Masjid Raya Taman Cimanggu Daarul Jannah, Kedung Waringin, Tanah Sereal, Kota Bogor menyelenggarakan shalat Ied Fitri 1442H yang bertepatan dengan 13 Mei 2021 serentak seluruh Indinesia dengan protokol kesehatan yang ketat, pengukuran suhu, wajib bermasker, jaga jarak, hand sanitizer dan pengaturan waktu yang efektif dan efisien, seperti yang disampaikan ketua DKM Bpk Budiharjo bahwa Masjid Raya Taman Cimanggu menjadi salah satu masjid di Kota Bogor yang di awasi secara ketat dan jadi masjid percontohan yang sangat konsisten menjalankan protokol kesehatan sejak pandemic covid 19 meraja lela.

Ketua DKM melaporkan secara ringkas pelaksanaan ramadhan 1442H bahwa semua kegiatan yang direncanakan berjalan dengan baik, khatam alquran 30 juz dengan dipimpin oleh imam Al-Hafizd Khaerudin, shalat subuh selalu penuh, shalat qilamulail, penyiapan iftar dari para donatur, makanan sahur untuk santri pesantren hafizd dan jamaah yang i’tiqaf.

Santunan yatim dan duafa terkumpul 45 jutaan untuk 309 orang, penerimaan koropak ramadan 32 jutaan, koropak jumat 23 juta, koropak kajian sabtu dan minggu 3 jutaan, koropak besar 32 jutan, penerimaan zakat fitral, mall dan fidyah, jumlah yang berzakat 681 kepala keluarga, penerima 900 jiwa, zakat fitrah yang berupa uang 82 jutaan, beras 1424,8 Kg, fidyah 9 jutaan dan beras 152 kg, zakat mall 164 jutaan, infaq dan sadaqoh 45 jutaan, beras 105 kg.

Semua kas di bagi untuk pos masing-masing. Ketua DKM juga melaporkan bahwa mesjid sudah memiliki ambulan dan mobil jenazah. Juga menyampaikan terimakasih pada semua donator selama bulan ramadhan, kepada ketua Satgas Bpk Drs Husni Dai.

Program selanjutnya adalah pembukaan Klinik Masjid Raya Taman Cimanggu, juga pembukaan sekolah Tahfizd yang sudah dapat hibah tanah 2000 m2 dari Dr Suswono, ketua yayasan Ummul Quro, Bogor

. Ketua DKM juga mengajak jamaah untuk membantu doa dan dana untuk perbaikan rumah sakit Gaza yang rusak akibat serangan zionis Israel.

Shalat Ied dipimpin imam Al Hafizd Ustazd Khaerudin, masjid rawatib Masjid Raya Taman Cimanggu.

Khatib Ustazd Khairul Azis dalam khotbah Ied kembali mengingatkan bahwa selama bulan ramadhan kita adalah peserta didik, salah satunya adalah pendidikan akan kejujuran. Beliau mensitir hadis nabi bahwa kejujuran adalah salah satu jalan ke surga, hanya Allah dan yang puasa yang tau dia puasa atau tidak, seharusnya lah hasil pendidikan selama ramadhan ini dijaga setelah ramadhan, karena sesungguhnya itulah berat.

Khatib juga memyampaikan bahwa penghormatan dan memuliakan orang tua adalah keharusan seluruh kita, untuk yang masih ada dijaga dan berbhakti dengan baik, untuk yang sudah meninggal doakan selalu.

Beliau menutup khotbah dengan ajakan untuk selalu bertaqwa dan tetap disiplin dalam beribadah dan selalu meninggalkan maksiat dan kelalaian. Juga mengajak jamaah untuk berdoa untuk saudara-saudara kita di Palestina yang diuji sangat luar biasa di akhir Ramadhan ini. Semoga Allah SWT menguatkan saudara-saudara kita disana.

Akhirnya dari Bogor, kami mengucapkan Selamat merayakan hari kemenangan Ied Fitri 1442 H, dengan tetap menjaga kesehatan, kuatkan iman dan imun agar kita semua bisa melewati Pandemic Covid 19 ini dan bisa kembali pulang kampung melepas rindu yang sudah memuncak.

Bogor, 1 Syawal 1442 H, 13 Mei 2021

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: