Angku Yunus (Mak Yunuih) berpulang..

Angku M. Yunus

Rabu, 25 Agustus 2021, dapat kabar dari group WA perantau Batu Bajanjang, angku M. Yunus Dt. Rajo Bandaro, atau yang akrab di kenal Mak Yunuih, berpulang kehadiratNya. Innalillahi wainna ilaihi raji’un.

Beliau ketua MUI Nagari Batu Bajanjang, Tigo Lurah, Kab Solok, Sumbar, seorang ulama yang hanif. Wajah penuh senyum, lembut dalam berkata. Ikhlas mendidik ummat di kanagarian. Semoga husnul khotimah dan semua amal jariyah beliau diterima Allah hendaknya.

Setiap pulang kampung, paling tidak 2 tahun sekali saya sering diskusi dengan beliau, berbagai topik setelah shalat subuh di masjid, salah satunya bagaimana menghidupkan kehidupan keberagamaan di kampung. Perubahan kondisi ekonomi yang membaik menyebabkan perubahan sosial yang sebaliknya, beberapa kali beliau mengeluhkan kondisi para pemuda dan anak-anak dikampung, terutama kurangnya pendidikan keagamaan, surau yang dulu menjadi central anak-anak mengaji, mulai hilang.

“Ba a pun, untuak surau atau pendidikan agamo hiduik, memang paralu dukungan untuk operasional rutin” salah satu topik diskusi dengan beliau 3 tahun yang lalu. “Kalau mambangun, mungkin agak labiah mudah, cuma untuak maisi, maiduik an, yo paralu angok panjang” sambung beliau kala itu.

Beliau salah satu motifasi kuat saya untuk tetap mencoba mendukung MDA yang dirintis mama dulunya. “Jan sampai dek ibuk lah pai, MDA pun ilang yo Ton” pesan beliau 4 tahun lalu saat mama berpulang, saya khusus meminta beliau untuk jadi Imam shalat jenazah mama waktu itu.

Semoga Allah SWT memberikan ganti ulama kita agar nagari tetap di RahmatiNYa.

UI_Depok, 27 Agustus 2021 #AngkuYunusBerpulang

Leave a comment