BZ assesment SD

BZ assesement

Periode penerimaan SD, khususnya swasta IT di Bogor sudah dimulai dari Desember 2021 untuk tahun ajaran 2022. Bang Ziyad (BZ), dirinya bahkan teman-temanya panggil “J”iyad, terkontamidasi oleh lingkungan sunda yang huruf Z dibaca J. Senin minggu lalu, ikut assestment untuk masuk SD di Sekolah Kreativa Bogor, sekolah yang sama dengan Uni Fathi dan Uni Feykanya.

Saya sudah merelease beberapa tulisan terdahulu, kenapa Sekolah Kreativa kami pilih sebagai ikhtiar pendidikan dasar bagi anak-anak kami. Tentu selain berkurikulum Islam, yang paling menarik adalah sekolah ini sangat ramah anak, satu indikator yang kami perhatikan adalah tidak ada guru yang anak-anak takuti, semuanya bisa berteman bahkan sampai ke kepala sekolah sekalipun. Dan suasana tersebut sangat bagus untuk perkembangan jiwa anak, kami melihat dan merasakan seperti itu.

BZ 6,5 tahun nanti pas mulai belajar SD Juni tahun 2022, usia yang pas sesuai dengan perkembangan anak dan sesuai aturan mendikbud. Ada beberapa proses assesmen yang harus diikuti mulai dari psikologi sampai ke motorik, untuk bisa di nyatakan diterima. Dilakukan sekolah dengan fasilitatornya assesor independen.

Buat BZ sepertinya menarik, persiapan dengan uni-uninya semalam sebelum assesmen sepertinya seru. Belajar huruf, membaca, mengaji, cara bercerita, bahkan sampai motovasi untuk berani unjuk gigi.

Observasi dilakukan team sekolah dengan metode yang bisa menilai anak sampai ke kondisi psikologi, biasanya hasilnya akan berupa laporan psiko test yang akan dilaporkan ke orang tua bersamaan dengan pengumuman kelulusan. Sepertinya seru dan tidak butuh lama untuk membuat anak membaur dan merasa jadi diri sendiri.

Kami orang tuapun wawancara, fokusnya ke pembiayaan. Karena sudah anak yang ke-3, pewawancara dari yayasan juga sudah kenal, tidak perlu waktu lama untuk diskusi. Hanya memang, baik uang masuk dan uang sekolah naik hampir 20% dari yang sebelumnya.

Sekali lagi ini ikhtiar memberikan basis pendidikan yang baik buat anak-anak, setelahnya semoga Allah SWT menggariskan jalan yang baik buat mereka.

Sekolah Kreativa, 18 Desember 2021 #BZsd

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s