Home > Mekanikal & Elektrikal > Commissioning & Start Up Cubical 20 kV

Commissioning & Start Up Cubical 20 kV

Kubikal Incoming dan Outgoing

Kubikal Incoming dan Outgoing

Incoming dan outgoing cubical merupakan satu kesatuan peralatan penerima tegangan tinggi di sisi pelanggan, tegangan 20 kV dari gardu PLN akan melalui peralatan ini terlebih dahulu sebelum masuk ke Trafo penurun tegangan dan Panel pembagi.

Untuk setiap penyambungan tegangan baru ke instalasi baru dari gardu ke pelanggan, sebelum energize power, PLN selalu mensyaratkan dilakukan pengetesan Sertifikat layak Operasi (SLO), yang berisikan keterangan bahwa fasilitas tersebut layak untuk dioperasikan,  Beberapa langkah pengetesan dan inspeksi yang harus dilakukan adalah :

  1. Dielectric Strength Test (Hi-Pot) Test, dari kabel tengangan tinggi sampai ke Kubical Incoming dan outgoing di berikan tegangan DC minimal 2 kali dari tengangan operasi, sebagai contoh untuk tegangan operasi 20 kV diberikan tegangan DC 40 kV selama minimal 1 menit, maksimal 5 menit untuk setiap phasa (R, S, T/I, II, III), dan selama diberi tegangan maksimum arus bocor yang diizinkan adalah 1 mA, tetapi untuk fasilitas baru hasil aktual pengetesan berkisar 0,1 – 0,3 mA
  2. Insulation test (Megger Test), menggunakan alat pengujian tengan rating tegangan minimum 5000 VDC, setiap phasa kabel tegangan tinggi ditest selama 1 menit, dengan nilai minimum 200 mega ohm, rata-rata hasil pengujian untuk instalasi kabel baru diatas 2000 mega ohm
  3. Ground test, menggunakan alat test tahanan grounding, dilakukan pengukuran pada stik grounding dan ETB, nilai yang disyaratkan 1 ohm
  4. Inspeksi mekanikal dan konstruksi cubical, diantarannya operasi LBS, operasi earth, kunci-kunci, handle panel, dll

Posisi LBS terhubung

Setelah pengetesan dan inspeksi dinyatakan layak, langkah-langkah start Up dan commissioning sebagai berikut :

  1. Pada kubikal incoming dan outgoing, Posisikan Load Brake Switch (LBS)  pada posisi terbuka (tegangan putus), posisikan earth pada posisi terbuka (harus benar-benar dipastikan)
  2. Energize tegangan dari gardu PLN
  3. Cek lampu informasi apakah semua menyala (R, S, T), kemudian cek apakah terjadi lonjakan bunga api, dll
  4. Jika indikator semua normal, masukkan LBS ke posisi terhubung.
  5. Cek apakah semua parameter normal
  6. Ukur tegangan masuk dan keluar menggunakan High Voltage Volt Meter, jika tegangan normal, peralatan kubikal siap untuk dioperasikan.

Tegangan 20 kV sangat berbahaya untuk keselamatan manusia, karena itu faktor keselamatan dan keamanan benar-benar harus diperhatikan dan dijalankan dengan sungguh-sungguh, setelah tegangan masuk segera kunci dan pasang semua perlengkapan keselamatan yang sudah standard bawaan kubikal Incoming dan outgoing.

  1. hamer
    22 June 2011 at 06:30

    Izin copy ciek

    • 6 July 2011 at 06:28

      Silahken…:) jan lupo sumber e yo..:)

  2. 24 January 2015 at 06:09

    Writing articles is time consuming.I know where you can get unlimited articles for your site,
    search in google:
    Anightund’s rewriter

  3. Anonymous
    17 May 2015 at 19:59

    “Dielectric Strength Test (Hi-Pot) Test, dari kabel tengangan tinggi sampai ke Kubical Incoming dan outgoing di berikan tegangan DC minimal 2 kali dari tengangan operasi, sebagai contoh untuk tegangan operasi 20 kV diberikan tegangan DC 40 kV selama minimal 1 menit, maksimal 5 menit untuk setiap phasa (R, S, T/I, II, III), dan selama diberi tegangan maksimum arus bocor yang diizinkan adalah 1 mA, tetapi untuk fasilitas baru hasil aktual pengetesan berkisar 0,1 – 0,3 mA.”

    Maaf pak, untuk standarisasi pengetesan HiPot 20kV bukannya 50kV/1Menit ya?dan untuk maximum arus bocor yang ada 1mA, referensinya dari mana ya pak? mohon penjelasannya. karena saya sedang studi untuk arus kuat. Terima kasih sebelumnya.

    • 17 May 2015 at 20:16

      Mengacu SPLN 43-2 / IEC 60502-1.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: