Home > Kata Hati & Jejak Langkah > Better together bersama Bekaert

Better together bersama Bekaert

Bekaert Best..

Bekaert Best..

2010 November tanggal 4 merupakan awal mula “pendidikan” di perusahaan global ini yang ada hampir di 120 negara di dunia, profil lengkap bisa dilihat di http://www.bekaert.com.

Kesan pertama begitu menggoda, semangat para pemuda kental sekali di sini, karena memang perusahaan ini digerakkan oleh anak-anak muda yang sebahagian besar masih dibawah 40 tahun, gerak cepat ini pada tahap awal sempat membuat terpacu juga.

Produknya adalah raw material untuk manufaktur ban kendaraan baik mobil maupun truk, yaitu steel cord yang dibunching, pada ban mobil aplikasinya adalah kawat untuk reinforcement ban itu sendiri, pasarnya semua pabrik ban yang ada di indonesia dan sebahagian export

Sebagai project engineer saya bertanggung jawab terhadap pembangunan pabrik baru yang memang sedang invest besar-besaran, pada saat saya masuk satu proyek sudah dalam phase completion dan start up (proyek garuda 2), kemudian full incharge memanage proyek expansi Garuda 3, yang merupakan pabrik steel cord dengan kapasitas desain sampai 10.000 ton per tahun, mulai detail disain sampai mesin running baik civil work, ME, VAC, utility dan system lainnya, total waktu tepat 3 tahun, dengan dua phase pembangunan fisik dan infrastruktur.

Disela completion phase Garuda 3 saya juga memanage pembangunan Administratif building, yang merupakan pusat “kekuasaan” dan pusat kehidupan sosial PT. Bekaert Indinesia dan yang tak ternilai adalah di setujuinya Masjid Al barkah menjadi satu.bagian dari pusat pusaran PTBI ini.

Di phase penyelesaian admin office, sebuah kantor dengan green desain pusat operasional departmen Steel cord dengan luas 8×60 m juga selesai tepat sebelum libur lebaran 1435 H, total 3 project utama dalam 3 tahun, disamping project kecil bernilai 1-4 M lainnya.

System managemen eropa+indonesia terasa sekali, eropa dengan bottom to top dan penyebaran kekuasaan (otonomi) menjadikan setiap personal dalam perusahaan jadi manager untuk dirinya sendiri, system penilaian dengan KPI yang ketat, menjadikan suasanya menjadi “hidup”, KPI berjenjang dari person sampai ke plant menjadikan semua karyawan jadi berkepentingan, yang bagus di hargai yang “santai” menunggu KPI plant🙂, sedangkan keakraban dan kekeluargaan yang jadi cita rasa managemen indonesia tetap menjadi hal utama, terasa hubungan yang baik antar karyawan menjadikan suasana pekerjaan jadi nyaman.

Kesejahteraan, jika dibanding dengan industri sejenis, di tingkat blue colar dan white colar cukup diatas rata-rata, berbagai fasilitas jaminan kesehatan, pensiun, cuti, medical check up rutin dan kantin dengan masakan fresh dari dapur berstandar internasional menjadi standar layanan, untuk salary jika di total setahun bisa terima setara dengan 14 x gaji, diantaranya gaji pokok+tunjangan transpor, THR, anniversary allowence, dan bonus.tahunan yang sangat tergantung KPI.

Untuk menguatkan persaudaraan antar keluarga karyawan, setiap tahun selalu di adakan family gathering yang diikuti oleh seluruh keluarga mulai dari tingkat GM sampai helper, untuk even lainnya dalam rangka perbaikan operasional, setiap tahun selalu diadakan QCC days yang menampilkan terobosan2 dari tingkat blue colar untuk kebaikan sistem operasi perusahaan, juga Safety days yang merupakan event yang dinanti-nanti.

Gonjang ganjing eropa termasuk Belgia yang merupakan lokasi induk Bekaert Global pada akhir 2011 cukup berbepangaruh pada perkembangan perusahaan, tetapi berkat pasar lokal dan brand global yang sudah baik, PTBI bisa melewati dengan baik, dengan beberapa penyesuaian, termasuk perampingan struktur dan proyek-proyek cost saving, awal 2013 trend perkembangan kembali naik.

Akhirnya tepat tiga tahun 2010-2013, dengan begitu banyaknya pengalaman yang didapat yang sangat mensupport perkembangan karir kedepan, perusahaan luar biasa ini harus ditinggalkan “sementara”, datangnya kesempatan akhir tahun untuk “belajar” lebih tinggi meraih cita-cita, menjadi alasan utama untuk kembali melangkah..:)

This slideshow requires JavaScript.

  1. Desi
    24 December 2013 at 12:37

    Selamat dan sukses ya pa…

  2. Anonymous
    25 December 2013 at 08:31

    Anton Pane – I endorse you a Project Management Skills …
    yakin Anda sukses dimana pun Pak e. …

    • 25 December 2013 at 08:33

      thanks pak ..:) mohon maaf, siapa ya?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: