Home > Kata Hati & Jejak Langkah > Khotbah Ied Fitri 1437H, Kab. Kepahiang

Khotbah Ied Fitri 1437H, Kab. Kepahiang

Khotib Dr. Ahmad Dasan (Rektor Univ. Muhammadiyah Bengkulu)

Khotbah Ied Dr Ahmad Dasan

Allahuakbar..Allahuakbar…Allahuakbar

Allahuakbar kabiro walhamdulillahi kasioro wasubhanallahu hibukrato wasilah..

Jamaah rahimah qumullah, sejak tadi malam.sudah berkumandang alunan takbir dan tahmid sebagai ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas hari kemenangan. Takbir kita haturkan sebagai ungkapan kebesaran Allah sedangkan selainnya adakah kecil..Berkat limpahan rahmat dan maghfirahnya patut kita bergembira karena berkesempatan merayakan hari bahagia ini..

Seiring berlalunya bulan suci ramadhan seharusnya banyak fadhilah yang dapat kita petik untuk kehidupan, jika bisa diumpamakan ramadhan ini seperti madrasah, yang mendidik ummat. Dalam bulan ini yang halal jadi haram, yang boleh diharuskan kita menahan.

Pernahkah kita merasakan efek sosial ramadhan tidak semua orang merasakan lapar disaat yang lain kekenyangan..pernah kita merasa paling besar dan yang lainnya kecil..tidakkah kita sadar bahwa kita makhkuk lemah..yang diciptakan Allah dengan kasih sayangNYA..dibulan ramadhan kita didik untuk memahami itu semua..

Apa sesungguhnya yang menahan kita untuk tidak bisa tunduk kepada Allah..juga apa yang menahan lidah kita untuk berzikir kepadaNYA..apa yang menahan hati kita untuk tunduk pada Allah .. apa pula yg menahan diri kita sehingga menahan hak-hak Allah dan mengikuti hawa nafsu..apakah kesombongan kita sudah sedemikian memuncak sehingga lancang kepada Allah..ramadhan mendidik kita untuk menundukkan itu semua..

Berbahagialah kita dimudahkan oleh Allah untuk rukuk sujud dihadapanNYA..janganlah kesombongan dan kebodohan, menjadikan sebab kita terhalang akan surga..maka bersyukur pada Allah atas semua karunia..yang terbesar karunia Iman dan Islam..

Apakah selepas ramadhan kita akan semakin dekat dengan islam atau malah makin jauh..hanya diri kita yg tau..karnanya ada 3 pesan ramadhan yang menhingatkan kita setelah ramadhan berlalu..

Pertama adalah pesan moral..pensucian jiwa..harus mawas diri terhadap musuh manusia..yakni hawa nafsu.. Rasulullah bersabda..”jihad yang paling besar adalah berjuang melawan diri sendiri”..naluri manusia yang paling sulit dikendali adalah naluri syahwat.. Imam Ghazali menerangkan ada 3 sifat yang bisa mencelakakan manuisia sifat haiwan..sifat buas..dan sifat syaithon..jika tiga sifat ini merasuk ke kedidupan masyarakat akan menyebabkan kehancuran yang masig…sedangkan ada satu sifat yang membahagiakan manusia, yakni sifay rubuniah, ditandai dengan adanya keimanan yang merasuk ke dalam jiwa yang menghasilkan perilaku berakhlakul karimah..

Pesan kedua, adalah pesan sosial.. terlukiskan dengan indah terlihat diakhir-akhir ramadhan dengan dikeluarkannya zakat fitrah..terlihat ikatan tali silaturahim dan semangat berbagi..memperlihatkan tolong menolong antara yang bercukupan dengan yang berkekurangan..

Pesan ketiga adalah pesan jihad. Pesan perjuangan hidup..jihad dalam arti yang utuh yakni mengecilkan apa yg dimiliki untuk keridhaan Allah..terutama berjuang untuk melawan hawa nafsu diri sendiri..

Akhirnya mari kita berdoa, mudahan hari ini dilimpahkan keberkahan oleh Allah SWT kepada kita semua… Amin.

Lapangan Santoso Kepahiang, 1 Syawal 1437H/6 Juli 2016.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: