Home > Kampung halaman > Destinasi wisata Kepahiang dan sekitarnya

Destinasi wisata Kepahiang dan sekitarnya

Wisata kepahiang

Wisata kepahiang

Kabupaten Kepahiang merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Rejang Lebong, mulai resmi tahun 2005 dengan Bupati Pertama H. Bando Amin.

Disini mama FaFeyZid dilahirkan dan tumbuh, udara yang sejuk dan area kota yang tidak terlalu luas menjadikan kota ini nyaman untuk dijelajahi.

Ada beberapa destinasi wisata dikota yang mulai bergairah ini, wisata murah meriah tetapi cukup rame jika dihari-hari Libur, kita coba jelajahi satu persatu.

Pemandian air panas dan air terjun Suban.

Pemandian Suban

Pemandian Suban

Terletak di Curup ibu kota kabupaten Rejang Lebong sekitar 1/2 jam perjalanan dari Kepahiang, panas alami dari bumi dialirkan ke satu beberapa kolam air panas yang bisa digunakan untuk berendam para wisatawan. Diarea wisata ini juga terdapat satu kolam air dingin yang airnya murni dari pegujungan bebas kaporit sehingga nyaman untuk berendam anak2. 100 meter dari kolam rendam ke arah hulu terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 10 m, banyak wisatawan berendam di air terjun ini sambil merasakan sensasi pijit alami dari air terjun. Tiket masuk sangat sesuai kantong hanya 5 ribu untuk dewasa dan 2500 untuk anak-anak.

Kebun teh Kabawetan

wp-image-999554174jpg.jpeg

Kebun teh Kabawetan

Kebun teh ini terletak sekitar 5 km dari pasar Kepahiang ke arah utara, masuk dari pasar Kepahiang (samping pos polisi) kemudian belok kanan dipertigaan pertama. Udara yang sejuk  dan pemandangan yang memanjakan mata jadi daya tarik area wisata ini. Tracking sepanjang jalan setapak diantara pohon teh yang hijau jadi refleksi tersendiri bagi wisatawan. Tidak dipungut biaya apapun untuk berjogging ria diarea perkebunan ini hanya kesadaran bersama yang diharapkan  untuk tidak memetik daun teh dan membuang sampah sembarangan. Waktu yang cocok  untuk tracking diperkebunan yang sudah ada sejak jaman belanda ini jam 6-9 pagi. Udara yang sejuk akan membuat jiwa tenang..

Lapangan Santoso kota Kepahiang

Taman Santoso

Taman Santoso

Tepat berada di pusat kota pasar kepahiang yang menjadi simpul dan pembagi arah, ke barat arah Curup Lubuk Linggau, arah barat laut ke Bengkulu, arah timur pagar alam. Taman kota yang nyaman untuk joging pagi, dihiasi beberapa patung perunggu para pahlawan, mulai dari Soekarno Hatta, Iman Bonjol, Tjut Nyak Dien, Kolonel Santoso dan Fatmawati. Taman ini cocok untuk santai keluarga dan anak2.

Rusa di Kantor Bupati Kepahiang

Rusa Kantor Bupati

Rusa Kantor Bupati

Komplek perkantoran pemda kabupaten kepahiang ini jadi tujuan wisata baru bagi warga, daya tariknya adalah rusa-rusa totol yang dilepas bebas dihalaman kantor DPRD, mengingatkan kita akan  Istana Bogor, rusa yang berkembang cukup banyak bisa dikasih makan oleh pengunjung dengan bunga pohon waru yang tumbuh di taman kantor, cocok untuk wisata pendidikan bagi anak-anak.

Sungai Musi

Aliran sungai musi membelah kota kepahiang menjadi dua utara dan selatan, aliran sungai pegununangan yang bersih menarik untuk dijadikan tempat mancing dan berenang bagi yang ingin nostalgia masa kecil. Sayang sepertinya potensi wisata ini belum di berdayakan maksimal.

Itulah beberapa tujuan wisata kota kepahiang dan sekitarnya, bagi yang berkunjung ke kota kecil ini tidak rugi untuk mencoba…

Categories: Kampung halaman
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: