Home > Mama&Nak Bujang > Mama dan nak bujang Part-15: bataguran..

Mama dan nak bujang Part-15: bataguran..

Oma

Di kampung saya dulu, mungkin sampai sekarang masih ada , satu kebiasaan yang hampir di percaya oleh sebagian besar warga, termasuk mama saya   yaitu”bataguran” atau “kanai taguran”.

Ya, satu kepercayaan mungkin berakar dari animisme dulu, jika kita sakit “orang pintar”akan memeriksa dengan potong ayam jantan hitam kemudian dari situ di diagnosa, “ini kanai taguran di lubuak judun” begitu biasanya, biasanya tempat-tempat tidak biasa yang disukai jin, bahkan kuburan. Setelah itu akan ditarok sesajenan di tempat tersebut. sedanglan Ayamnya di sop, kepala dan hati khusus untuk si sakit.

Saya sendiri dari kecil entah kenapa tidak percaya untuk hal-hal begitu, tidak logis menurut saya. Tetapi saya paling senang kalau demam diagnosa “bataguran”. Bahkan ke mama, demam sedikit saja, saya akam minta di diagnosa “bataguran” karena sudah pasti makan enak, sop ayam membayang di depan mata 😄. Sebenarnya syarat obat hanya kepala dan hati buat si sakit, tapi kalau saya “bataguran”, seperiuk sop ayam jantan tak bisa di ganggu gugat 😆.

Tapi kesini sini, apalagi sejak ada bidan dan mantari kesehatan di kampung, sepertinya mama sudah mulai sadar trik saya, setiap demam kok minta di diagnosa “bataguran”, “bisa tekor” pikir mama. Makanya kalau saya mulai kelihatan demam mama lansung ancam, “ke pak mantari ya”. Biasanya saya lansung sehat, membayangkan jarum suntik. 😆

Bukan soal kepercayaan “bataguran”nya, karena kepercayaan-kepercayaan itu akan terkikis dan hilang sendiri, dengan meningkatnya pendidikan dan informasi karena semua fenomena fisik bisa dijelaskan ilmu pengetahuan.

Tetapi, kebiasaan sop ayam yang mengikutinya merupakan khasanah lokal yang memang betul bermanfaat, untuk kesegaran fisik dan kesehatan.

Hingga sekarang, kalau deman-demam dikit saya lansung diagnosa sendiri, “wah bataguran neh”, dan  biasanya lansung melipir ke Sop Ayam Pak Min, di depan RS Hermina Bogor. 2 mangkok dada dan sayap, cukuplah membuat segar kembali. 😃

Rindu sop ayam mama…

Sop Ayam Pk Min, Bogor, 15 Aug 2020

 

Categories: Mama&Nak Bujang
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: