12 tahun Uni Fa..

12 tahun uni

U Tati, adek bujangnya memanggil hari hari, dirumah dipanggil uni, ke diri juga, di sekolah dia dipanggi Fathi sama guru dan teman-temannya.

Namanya bermakna harapan dan doa bagi kami, Allifny Fathini’am Panne, “anugerahkan pembuka ni’mat bagi keluarga panne”, ni’mat dalam arti yang luas yang ujungnya nanti adalah ni’mat di negeri akhir kelak.

Family name Panne, dengan dua “n”, ini kami sengaja, menunjukkan generasi ke 2 Pane, juga menandakan bahwa Pane ini bukan marga seperti halnya Pane di sumatera utara. Pane itu, hanya nama yang diberikan Opanya almarhum ke kami sebagai penghormatan pada sahabat berkalang nyawa yang memang bermarga pane. Karena kami minang tulen.

Dia lahir cesar di RS Bengkulu, ummi’ dan abah (nenek dan kakek) uni memang perantau minang di bengkulu, mamanya lahir di sana. Uni lahir yanda masih diperjalanan dari Kalimantan-Jakarta-Bengkulu, jadwal cesar maju dari yang di rencanakan, iqamah pertama uni, abah yang kumandangkan, matanya sudah bisa pandang pandang yanda pas l kumandangkan iqamah kedua di telinganya.

Dia panggil Yanda, simpel dari Ayahanda, tapi request khusus mamanya maunya di panggil mama, dulu harusnya Manda, agar seiras dg Yanda, cuma mama lebih melekat.

Kini 12 tahun sudah usia Uni, doa dan support yanda mama insya Allah akan selalu uni dapatkan, sebagaimana yanda dan mama memang berikhtiar untuk itu. Usia baligh, usia perubahan, uni sudah tau itu tentunya.

Pendidikan terbaik adalah jalan ikhtiar yanda dan mama memberikan uni dasar untuk melangkah menggapai takdir dan cita-cita uni, pesan yanda jaga sholat dan jilbab uni.

Dengan sholat, menunjukkan kita itu tunduk pada yang Maha Besar, walaupun iman kita kadang naik turun, tetapi insya Allah sholat menjaga kita dari sisi kiri diri kita.

Menjaga jilbab, selain identitas uni sebagai muslimah, juga menunjukkan bahwa uni menjalankan perintahNYA, jilbab itu perintah, bukan pilihan, tentu butuh pembiasaan, dan yanda mama berusaha memberikan uni lingkungan yang memudahkan uni untuk belajar dengan ikhlas untuk berjilbab, lebih jauhnya belajar untuk tunduk padaNYA

Semoga uni bisa gapai cita-cita jadi diplomat muslimah yang membawa indonesia dan juga membawa jatidiri islam ke seluruh dunia.

Tumbuhlah uni, dimasamu..yanda mama insya Allah akan jadi fasilitatornya..

Bogor, 31 Maret 2021

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s