Praktek demokrasi di SD Kreativa Bogor

Ketua SLHT SD Kreativa 2023.

SD Kreativa Bogor mengaplikasikan metode Leader in Me yang di kombinasikan dengan kurikulum sekolah Islam terpadu dan nilai seven habbit dengan sistem yang berstandar ISO 9001 dalam menjalankan proses pembelajaran. Salah satu implementasi programnya adalah Student Ligh House Team (SLHT) semacam organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di tingkat SMP/SMA, pemilihan ketua dan wakil ketua di selenggarakan secara demokrasi one man one vote, pemilu.

Hari ini, sesampainya yanda di rumah dan pas buka puasa hari ke-5, uni Feyka turun dari kamar sambil senyum-senyum bawa salempang “ketua SLHT 2023”, ya, dia menang pemilihan yang sudah di selenggarakan dua minggu lalu oleh panitia pemilu dari SLHT tahun 2022-2023. “Selamat dek, semoga lancar pegang amanah, siapa wakilnya?”, “kaisyah yanda” jawabnya, kemudian meluncurlah keseruan terpilihnya, “pas terakhir diumumkan yang terbanyak 145 suara, taunya adek yanda”, berbinar-binar dia.

Sebulan lalu saya sempat kompori, saat dia cerita temannya ikut pencalonan ketua SLHT “kenapa adek gak sekalian daftar? Kan sudah pernah jadi president of class, adek selalu jadi leader di kelas, banyak teman, presentasi bagus, juga anggota SLHT, kenapa gak sekalian ketua “, “gitu ya yanda?” responnya. Beberapa hari setelah itu, dia cerita lagi, “yanda adek daftar jadi ketua SLHT, dari kelas adek bareng Alin, ini lagi siapin visi, misi neh” semangat dia. Sehari setelah itu, di meja makan datang lagi, “yanda ini klue visi misinya, ingat Feyka BSH..!” di bantu mamanya, semangat betul.

Seminggu sebelum penyampaian kampanye setiap waktu, setiap tempat sibuk hafalin speach visi misi, di kamar, meja makan, di mobil bahkan bangunin uninya pakai pidato visi misi, sebagai ganti weker, sampai uninya eneg. “Feykaaaaaa…!”😁.

Hari H, gurunya kirim video dia lagi pidato, pecah dan semangat. Kampanye juga pakai team sukses, adek laki-lakinya jadi juru kampanye kelas 1 dan 2, “nanti u tita kasih hadiah, bilang teman-teman iyad, pilih nomor 2, kakak aku itu” iming-imingnya πŸ™‚. Dan rupanya, Iyad bisa menjalankan misi sambil main bola, sebagian besar kelas bawah pilih uninya.

Begitulah, serunya praktek leadership dan demokrasi di Sekolah Kreativa. Anak-anak dari dini, bahkan sejak TK dan kelas 1 diberikan lingkungan yang memungkinkan stimulus untuk menjadi pemimpin. Ditugaskan presentasi proyek, menjadi leader of prayer, leader of lunch, leader of clean, leader of display, leader of literasi, dan puncaknya president of class. Guru menjadi fasilitator dan teman buat anak-anak untuk tumbuh sesuai minatnya. Reward dan apresiasi diberikan kepada yang berprestasi, bukan saja akademik tapi lebih ke karakter, siswa paling proaktif, siswa paling ramah, siswa paling suka membantu, siswa paling rapi, itu yang saya ingat karna 3 anak kami pernah dapatkan apresiasi tersebut.

Ikhtiar untuk pendidikan dasar yang berkualitas, semoga memberikan dasar yang baik bagi anak-anak kita untuk masa depan yang baik juga. Selamat mengemban amanah U Tita.

Soka 2, 27 Mar 2023 #ketua SLHT.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s