Home > Kata Hati & Jejak Langkah > Harapan Oma…

Harapan Oma…

nie1Sebenarnya Oma lahir tahun 1950 tetapi karena terlambat masuk sekolah tahun lahir di mundurkan jadi 1953, agar umur tidak jomplang dengan teman seangkatan waktu itu. Berarti mama sudah 65 tahun pas 22 Oktober 2015 ini.

Setelah pensiun dan fokus dikegiatan sosial satu kehendak kuat Oma saat ini, yaitu dapat segera jadwal ke tanah suci walaupun secara antrian masih tertera tahun 2020, keinginan kuat  inilah yang dijadikan pelecut semangat Oma untuk selalu menjaga kesehatan, walaupun faktanya kesehatan Oma memang sudah sedikit terganggu. Mungkin karena efek perjuangan yang luar biasa di usia muda.

Diusia muda 38 tahun menjadi orang tua tunggal, Mama sekaligus Papa, berusaha dengan apa yang bisa diusahakan untuk memastikan anak-anak beliau mempunyai masa depan yang lebih baik. Oma guru sampai jam 1 siang, kemudian petani sampai malam bahkan sampai pagi pas lagi musim panen, kenangan “mairiak” disawah (melepas bulir padi dengan cara diinjak-injak bersama) menjadikan diri ini tau betul bagaimana perjuangan Oma.

Disaat kami sudah sekolah keluar desa, sekali sebulan mamapun jadi tukang panggul bawa beras untuk memastikan anak-anaknya bunya bekal untuk belajar. Berjalan kaki dari jam tujuh pagi sampai jam 7 malam menerobos belantara bukit barisan dengan beban dikepala yang beratnya lebih dari isi ransel tentara yang lagi praktek survival…itulah masa muda Oma…

Secara fisik mungkin Oma lebih cepat tua dari Eyang….tapi senyum melihat apa yang beliau perjuangkan..mudah-mudahan tetap jadi vitamin dan obat awet muda buat jiwa Oma….dan dengan alasan itupulahlah, senyum dan senang Oma selalu jadi prioritas sepanjang diri mulai tau arti perjuangan itu…

Dan kini serta untuk masa-masa kedepan…semoga Oma selalu diberi keberkahan…ketenangan hati oleh Yang Maha Memberi…. diberi kemudahan untuk segera dapat mewujudkan beribadah paling tinggi ke Tanah Tersuci… dan semoga kami anak cucu Oma dapat selalu menjadi salah satu alasan untuk Oma terlalu tersenyum…tenang….

Selamat hari lahir Oma….Selalu bahagia…selalu dalam ketenangan dan kedamaian….

Bogor 22 Oktober 2015

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: