Home > Kata Hati & Jejak Langkah > Ied Adha 1437H Masjid Raya Taman Cimanggu, Bogor

Ied Adha 1437H Masjid Raya Taman Cimanggu, Bogor

Ied Adha Masjid Darul Jannah

Beliau juga menyampaikan bahwa awal muharram tahun ini Masjid Daarul Jannah akan mulai penerimaan siswa tahfiz dan tahsin qur’an, dengan kapasitas terbatas  120 orang.

Shalat Ied Adha hari ini akan dipimpin oleh Imam tetap Masjid Darul Jannah Ust Ahmad Sudjai, al hafiz, Khotib Ketua MUI Kab Bogor, KH Ahmad Mukri Aji, imam oleh Ahmad  Sujai Al hafiz, imam rawatib Masjid Darul Jannah.

Bp Budiharjo juga menyampaikan bahwa untuk tahun ini masjid diamanahi mengelola kurban, sapi 19 ekor berat minimal 370 kg  dan kambing 31 ekor, daro 164 pekurban.

Ringkasan khotbah

Allahu akbar…Allauhu akbar…Allahu akbar..walillahilhamdu..

Bahagia hati kita dengan rahmatNYa kita masih dipertemukan oleh Allah dengan Ied Adha yang syahdu, dengan nikmat sehat walafiat, nikmat panjang umur di masjid Raya Taman Cimanggu Daarul Jannah ini. Dan insya Allah sampai nanti 10 Dzulhijjah mulut kita akan terhiasi oleh takbir Allahuakbar..

Ada 3 perustiwa penting yang menjadi pelajaran utama dalam hari Ied Adha ini.

Pertama, secara serentak umat islam yang mampu di undang oleh Allah untuk melaksanakan ibadah Haji, digembleng dengan beberapa rukun yang harus dikerjakan dan inti ibadah haji adalah kemaren, wukuf diarafah, 2,5 juta umat muslim dari seluruh dunia, termasuk dari indonesia 135rb orang,  tgl 8-9 Dzulhijjah mereka berkumpul di bawah tenda Arafah, konferensi terbesar umat islam dunia, yang dalam pelaksanaanya berada dalam status tidak ada perbedaan , dengan ihram tanpa dijahit sampai tgl 13 dzulhijjah nanti, meninggalkan atribut dunia, bahkan tanah air pun ditinggalkan. Hati dan pikiran terpaku pada panggilan Allah.

Peristiwa kedua, kurban sunnah mu’akkadah bagia yang mampu, sebagai rasa syukur akan nikmatNya dan media mendekatkan pada sang kahlik, filosofisnya berdasarkan nilai sejarah keluarga Nabi Ibrahim AS, mendpatkan perintah melaui mimpi dan dijalankan dengan ikhlas. Ibrahim ayah, Ismail anak dan siti hajar ibu dengan ihkals menjalankan perintah Allah.Godaan setan yang luar biasa mampu mereka melewati. Tetapi Allah menunjukkan fakta yg sangat ajaib, sampai nanti akhir dunia fakta ini akan tetapnajab. Ismail diganti dengan kibas, diabadikan Allah dalam surat Assafay 107-110.

Melalui ibadah kurban ini hendaknya semua umat Islam sadar bahwa semua hal didunia ini adalah titipan, dari ibadah ini akan terjalinlah komunikasi sosial dengan tidak ada jurang pemisah antara yang kaya dan yang miskin, dengan ibadah kurba ini akan dapat diantisipasi sifat kehewanan yg ada dalam diri manusia.

Peristiwa ketiga adalah shalat Ied Adha yang sudah dilaksanakan pagi ini, dipimpin imam yang hafiz. Bersujud bersama yang menunjukkankan betapa kecilnya manusia didepan sang khalik…

Tujuan ibadah diatas tak ada lain  agar manusia beribahdah dengan ikhlas baik ibadah kepada allah maupunnibadah sosial diamsyarakat bangsa dan negara…

Keteladanan keluarga Ibrahim panta untuk dicontoh oleh keluarga masa kini..taat menggapai ridho Allah..semua itu dimulai dari keluarga..baiti jannati..sehingga akan betefek ke kesolehan lebih luas bangsa dan negara berasal dari keluarga…

Semoga Allah mengamouni semua dosa kita…memberikan sokusi dari masalah yg sulit..semoga Allah menjadikan anak keturunan kita hidup dijalan yang lurus..semoga negara tercinta iin dijadikan Allah ngeri yang sentosa..

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: