Perwakilan Doktor Cumlaude FH UI.

Cumlaude Doktor Fakultas Hukum

Wisuda UI tahun ini kembali ke kampus setelah 2 tahun kebelakang online, dilakukan hybrid dari auditorium UI ke masing-masing Fakultas. Pendamping wisuda hanya diizinkan dua orang. Waktu wisuda dibagi dua hari, sabtu dan minggu, 10/11 September 2022. Fakultas hukum, dapat waktu minggu, 11 September 2022. Tempat wisuda juga di bagi dua, di Auditorium UI untuk tingkat universitas, dengan peserta satu orang perwakilan lulusan terbaik setiap fakultas di semua level. Sisanya di Fakultas masing-masing. Istri mendapat tugas sebagai perwakilan mahasiswa doktoral untuk memberika sambutan lulusan terbaik ditingkat fakultas.

Berikut skrip sambutan perwakilan mahasiswa doktoral wisuda Fakultas Hukum UI semester genap 2022.

Yang Terhormat,

Dekan Fakultas Hukum Dr Edmon Makarim, Se, S.Kom, LLM. dan jajaran dekanat , Dewan Guru Besar FHUI, Ketua ILUNI FHUI dan keluarga besar ILUNI FHUI, Bapak Ibu Dosen pengajar FHUI, Tenaga kependidikan FHUI dan rekan rekan wisudawan yang berbangga dan berbahagia.

Assalamualaikum wr wb.

Kita berdoa, semoga Rahmat Allah SWT, tuhan Yang Maha Esa, senantiasa dilimpahkan kepada kita semua.

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.”

(QS. Al-Mujadalah ayat 11)

Kebahagian buat saya dan tentu saja buat wisudawan beserta keluarga yang hadir pada saat ini. Ada impian, ada asa yang rasanya semakin dekat dengan  selesainya perjuangan tahap sekarang, Buat para sarjana, akan membuka pintu untuk memulai perjuangan memasuki kehidupan sebenarnya, buat para magister, akan memperkokoh capaian yang sudah ada, buat sahabat dan kolega doktor, merupakan pencapaian pendidikan tertinggi paripurna, yang tidak adalagi diatasnya.

Hadirin yang berbahagia,

Berdiri disini, berada diruangan ini, menjadikan proses yang kita lalui bersama seakan masa lalu yang kalau dikenang bisa saja mempunyai arti berbeda buat masing-masing wisudawan. Layaknya sebuah perjuangan, berkeringat, penuh drama dan pengorbanan, secara bertahap memberikan kekuatan pada diri kita, dan menjadikan kita sebagai insan akademis yang layak menyandang semua predikat tersebut.

Buat saya pribadi, pendidikan merupakan pembuka jalan untuk perubahan hidup, saya sangat bersyukur orang tua menjadikan pendidikan sebagai warisan yang tak ternilai harganya, ayah saya hanya sampai kelas 3 SD, ibu saya tercinta pun tak lebih dari SMP, tapi 6 orang kami adik beradik di “paksa” kalau boleh menggunakan kata itu, untuk sekolah, dan alhamdulillah, Allah membuka jalan untuk saya sampai jenjang pendidikan tertinggi saat ini.

Universitas Indonesia, jaket kuning, siapa yang tidak bangga berkesempatan mendapat pendidikan di universitas terbaik di negara tercinta ini, buat saya UI pilihan the one and only untuk pendidikan doktoral, makanya perjuangan untuk masuk apalagi untuk menyelesaikan merupakan suatu kebanggaan yang membuat diri menjadi kuat. Saya yakin semua wisudawan saat ini tidaklah akan berbeda jauh apa yang dirasakan. Semoga kebanggaan kita sebagai alumni UI akan memberikan langkah kedepan terbaik hendaknya. 

Selayaknya, untuk pencapaian kita semua saat ini, berterima kasih adalah keniscayaan. Bapak dekan dan bapak ibu dosen pengajar, staf admin fakultas dan jurusan, dan civitas akademika fakultas hukum UI, terima kasih atas semua supportnya.

Kolega seangkatan, yang menjadi lawan dalam berdebat, kawan dalam berfikir, terima kasih untuk semua, semoga semua mencapai impian masing masing setelah kita disebut anggota ILUNI.

Tentu saja tak terhingga buat keluarga tercinta, ayah ibu, suami tersayang, anak-anak serta keluarga besar dan sahabat-sahabat yang selalu memperkuat jiwa untuk berjuang menyelesaikan pendidikan ini, semoga Allah memberkahi.

Akhir kata, semoga kita semua diberikan keberkahan untuk apapun yang kita impikan.

Assalamualaikum wr wb.

Dr. Ani Yumarni, SHi, MH

https://www.youtube.com/watch?v=TAB3Mm6WuDA mulai pada 1:45:02.9

Auditorium Djoko Soetono, FHUI, Minggu, 11 September 2022 #wisudaUI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s