Home > Kata Hati & Jejak Langkah > Gerakan Pramuka menurut kita…

Gerakan Pramuka menurut kita…

Swarnadwipa 2002

Swarnadwipa 2002

54 tahun Gerakan Pramuka sudah menjadi kawah awal pembentukan diri dan kepribadian pemuda pemudi indonesia, kalau kita melihat pemimpin-pemimpin bangsa saat ini hampir bisa dipastikan sebahagian besar dulunya adalah anggota Pramuka Aktif, seperti yang jadi viral di medsos pas hari pramuka tahun 2015 ini, taunya Menag Kak Lukmanul, dulu anggota pramuka aktif waktu di Gontor. Selain itu sebut saja Bp SBY, Bp Hidayat Nurwahid, Gubernur Termuda di indonesia saat ini K Rido juga merupakan mantan anggota DKN dulunya, dari Pramuka menjadi pemuka di negeri tercinta Indonesia.

Pertanyaannya, bagi yang dulu aktif atau sampai saat ini aktif di Gerakan Pramuka apa makna Pramuka bagi diri kita? jawaban akan sangat beragam sesuai dengan motifasi dan masa kita aktif di gerakan pramuka, silahkan kita inteprestasikan sendiri-sendiri menurut diri kita sendiri.

Pramuka merubah diri dari penikmat dibelakang panggung menjadi terdepan berdiri di depan khalayak ramai. Sistem pendidikan kepramukaan yang bertingkat memaksa para Pramuka yang secara alamiah akan menuju tingkatan lebih tinggi untuk menjadi fasilisator dan pengatur tingkat dibawahnya, sesuatu yang awalnya terpaksa, lama-lama menjadi disuka dan akhirnya malah menjadi kebutuhan yang selalu di cari. Kepemimpinan di pupuk disini dan akan secara alami juga menjadi filter bagi calon-calon pemimpin yang tumbuh secara natural. Bukan pemimpin yang dikarbit…🙂

Pramuka adalah “hobi”, maknanya akan sangat dalam, hobi akan selalu menjadikan hidup lebih hidup, biasanya jika sekumpulan orang berkumpul karena hobi yang sama, kesukaan yang sama, tujuan yang sama, jiwa korsa dan kebersamaan akan sangat mengakar tumbuh dalam jiwa. Persaudaraan dan kesetiakawanan di Pramuka tanpa batas waktu..tapi sekali lagi ini untuk yang menjadikan Pramuka sebagai “hobi”.

Pramuka adalah hidup, tak terhitung yang akhirnya kehidupan selanjutnya berlanjut antar anggota pramuka, tidak bisa dipungkiri memang… hehehe…

Apa makna Pramuka bagi kakak? bagi yang pernah aktif atau sedang aktif akan menjawab tanpa koma…🙂

Dirgahayu Gerakan Pramuka ke 54, 1961-2015

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: