Mama dan nak bujang Part-29: pramuka SMP

Pasukan Penggalang

Mama pembina Pramuka, ingat cerita sebelumnya yang saya jatuh dari pohon manggis dan bahu bergeser? Saat itu mama lagi ikut Kursus Pembina tingkat Dasar (KPD) di Koto Baru, Solok.

Saya pun sudah aktif Pramuka dari SD, mulai tingkat siaga mula, siaga bantu dan siaga tata. Masuk SMP, kegiatan extrakurikuler yang pertama kali saya mendaftar adalah Pramuka. Jaman dulu, Pramuka adalah organisasi yang diikuti oleh hampir semua pemimpin bangsa. Belum diwajibkan seperti saat ini. Hanya yang berminat, sehingga yang bergabung ke Pramuka benar-benar sebagai hobi.

Mama mendukung penuh, semua perlengkapan disiapkan. Hampir semua para juara kelas, ikut kegiatan Pramuka ini. Sehingga pergaulan sedikit meluas, di Pramuka jugalah akhirnya berkenalan dengan anak-anak hebat dan anak orang-orang hebat kota dan kabupaten solok.

Kegiatan rutin setiap minggu menjadikan waktu jadi padat. Kak Jefri Harianto, yang menjadi kakak senior, memegang peranan penting aktifnya kegiatan Pramuka di SMP 1 solok waktu itu. Digembleng kepemimpinan dengan metode kepramukaan sedikit banyak mengubah pribadi saya yang sesungguhnya sangat pemalu. Kelak saat kelas dua dan tiga, dengan terpaksa estafet kepelatihan di turunkan, mau tidak mau harus tampil di depan dan itu semua menjadi jalan saya untuk mengubah diri.

Dengan awal pramuka jugalah, akhirnya membuka jalan untuk aktif dan dikenal dikegiatan lain di luar kepramukaan, baik tingkat sekolah, maupun tingkat Kota solok. Ada beberapa kisah berkesan di Pramuka SMP 1 solok, yang insya Allah akan saya tulis sesuai dengan urutan waktu.

14 Agustus adalah hari Pramuka Indonesia, sudah tidak terhitung pemimpin negeri ini yang pada mudanya dulu ditempa dalam pendidikan kepemimpinan yang bersifat kepanduan. Tidak terhitung juga keluarga yang terbentuk karena aktif di kepramukaan karena memang metodenya merekatkan hati-hari para anggotanya. Termasuk saya, manfaat paling terasa ikut Pramuka adalah banyaknya dapat keluarga tak sedarah yang terikat secara bathin, karena perantara Pramuka ini.

#Menjelang hari Pramuka ke-60 2021

JogjaJunction, 8 Agustus 2021.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s